Banyak orang bilang beli properti itu sulit. Sebenarnya mudah sekali kalau kita tahu apa yang kita lakukan. Pada artikel kali ini saya akan membagi tips sederhana bagi teman-teman dalam mencari apartemen yang terbaik.

Dalam mencari apartemen ada 2 hal penting yang kita harus tau. Pertama, kita harus menentukan beberapa hal diawal dan kedua kita harus memperhatikan dengan seksama hal hal yang penting bagi kita.

Tentukan 3 Hal Ini Terlebih Dahulu

  1. Untuk tinggal atau investasi?
  2. Budget
  3. Lokasi

Pertama, Untuk tinggal atau apartemen?

Kita harus lihat tujuan kita membeli apartemen, apakah kita mau untuk pakai atau untuk investasi. Ketika orang sudah mulai memiliki uang di bank yang cukup banyak mereka akan menggunakan untuk investasi dan salah satu investasi yang paling aman dan nyaman ialah dengan membeli apartemen dan menyewakannya.

Namun ketika dalam membeli apartemen anda harus tentukan terlebih dahulu apakah anda ingin membeli untuk di tinggali atau menjadi portfolio investasi anda.

Mengapa? Karena jika anda membeli apartemen untuk tinggal anda akan lebih fokus kepada kenyamanan dan kalau anda membeli untuk investasi anda seharusnya tidak perlu mikirin kenyamanan karena yang terpenting ialah berapa banyak uang yang dihasilkan dari apartemen tersebut jika disewakan per bulan / per tahunnya.

Jika anda membeli untuk tinggal maka anda ingin apartemen yang dekat dengan kantor anda, atau dekat dengan orang tua anda atau kerabat, bahkan saudara anda.

Berbeda dengan jika anda ingin membeli untuk investasi. Tidak perduli dimana lokasinya asal dapat disewakan dengan harga bagus. Langsung sikat!

Kalau misalnya ada apartemen yang bisa keduanya bagaimana? ya bagus kalau ada, namun pola pikir ini akan membuat anda sangat sulit dalam menemukan apartemen yang cocok. Pengalaman membeli properti akan sangat menguras tenaga, waktu dan pikiran. Makin lama anda mencari sebuah properti maka anda akan makin lelah secara mental dan terkadang sudah tidak dapat mengambil keputusan dengan baik.

Oleh karena itu tentukanlah tujuan utamanya, apakah anda ingin membeli untuk tinggal sendiri atau untuk investasi!

Kedua, Tentukan Berapa Budget Anda!

Produk apartemen sangat banyak sekali mulai dari yang harganya sekitar 300jutaan sampai 10 miliar pun ada. Anda harus menentukan sebuah range budget anda dan sebaiknya angka ini jujur serta di kunci dengan komitmen yang solid.

Jangan menentukan budget dengan range yang terlalu besar. Misalnya : 500jt sampai dengan 1 Miliar. Karena dengan begitu anda akan jatuh pada masalah yang sama. Akan sulit menentukan pilihan yang akhirnya menjadi lama mendapatkan apartemen yang terbaik.

Tentukan budget dengan baik, sesuai dengan peruntukannya. Jika anda ingin beli apartemen untuk dipakai sendiri mungkin anda dapat memaksimalkan budgetnya karena anda ingin sesuatu yang nyaman. Katakan budget anda adalah 1 Miliar jadi tetapkanlah batas atas misalnya 1 Miliar – 1.2 Miliar.

Agen properti diluar sana pun akan dapat membantu anda dengan baik jika anda sudah memiliki budget yang benar dan akurat.

Ketiga, tentukan lokasi apartemen dengan cermat

Saya harus katakan bahwa ada teman saya yang pernah membeli apartemen dan akhirnya menyesal. Karena lokasi nya yang terlalu jauh dari tempat kerja dan orang tua. Hal ini menyulitkan dia untuk bekerja dengan maksimal dan menjaga hubungan dengan keluarga secara rutin.

Sebenarnya masalahnya cukup sepele, dia menentukan apartemen karena dekat dengan rumah pacarnya. Maklum anak milenial, namun sebuah kesalahan sepele ini berbuntut panjang. Karena untuk mencari apartemen lagi membutuhkan sumber daya tenaga, waktu dan biaya lagi. Oleh karena itu saat ini dia sedang menabung agar dapat membeli apartemen yang terbaik.

Tentukanlah dengan bijak dimana anda ingin membeli apartemen. Beberapa hal yang telah saya sebutkan diatas seperti : dekat dengan orang tua, dekat dengan saudara atau tempat kerja.

Setelah anda menentukan lokasi, niscaya anda akan mulai melihat titik terang bahwa mencari apartemen itu tidak rumit dan sulit lagi. Semua sudah tersaring dengan sendirinya. Sama seperti ketika kita baru mulai berbelanja barang dari internet. Kita mulai memfilternya dengan kriteria kriteria seperti dimulai dari harga, lokasi penjual, baru atau bekas, dan lainnya.

Ketiga hal ini umumnya didiskusikan dengan orang dekat seperti orang tua atau saudara dan teman dekat anda untuk meminta opini. Jadi siapkan sedikit waktu untuk berdiskusi mengenai ketiga hal diatas sehingga akan memuluskan langkah anda ke depannya dalam mencari apartemen yang terbaik bagi anda.

Sekian sedikit tips yang saya dapat bagikan kepada anda yang saat ini sedang mencari apartemen. Semoga bermanfaat, jika ada hal yang ingin ditanyakan atau didiskusikan bisa langsung ke facebook page.

Bagikan properti ini kepada teman anda