Halo teman-teman, jika kalian menemukan artikel ini di tahun 2020 berarti anda sedang berada atau telah melewati pandemi covid19 bersama kami dari INTERPRO. Pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan informasi yang semoga berguna bagi kalian yang ingin masuk dan mencoba dunia agen properti di Indonesia khusus nya Jakarta.

Dalam segala hal jika anda ingin sukses atau berhasil maka perlu namanya persiapan. Nah, oleh karena itu apa saja sih persiapan yang perlu dilakukan oleh seorang agen properti pemula untuk masuk ke dunia properti?

Ada 2 hal utama yang harus kalian perhatikan disini

  1. Persiapan teknis
  2. Persiapan non-teknis

Pembahasan ini akan cukup panjang dan teknis, jadi coba siapkan waktu dan catatan agar anda dapat memulai karir dengan persiapan yang baik tentunya.

Pertama : Persiapan Teknis

Persiapan teknis disini meliputi hal hal yang bisa di sentuh misalnya kalian harus mempersiapkan

  1. Handphone : punya handphone ditahun 2020 ini yang sudah memiliki kemampuan untuk super wide angle yang biasanya memiliki 3 kamera umumnya handphone dengan harga di atas 2 juta sudah memiliki kemampuan ini. Juga apabila anda mengendarai mobil anda memerlukan handphone dengan NFC agar bisa isi e-money dengan handphone langsung tanpa buang waktu ke toko.
  2. Nomor Telpon yang baik : Nomor handphone yang mudah diingat dan di catat, ketimbang nomor yang acak-acakan. Jika sebuah pagar rumah di tempelin dengan 3 spanduk atau lebih, pembeli akan mencatat nomor telpon yang besar dan mudah di tulis.
  3. Kartu Nama : kartu nama sangat murah sekarang ini, mulai dari 50.000 anda sudah bisa mendapatkan 1 kotak
  4. Kendaraan : kendaraan ini tentu menyesuaikan dengan wilayah cakupan anda, apakah anda memerlukan mobil? motor? sepeda? semua itu sangat bergantung dengan apa yang anda jual dan posisi anda.
  5. Pakaian yang formal / semi formal : mulai lah berpikir untuk merencanakan pakaian yang anda mulai dari warna khas dan juga jenis pakaian, untuk pria bisa gunakan kemeja atau polo shirt. di tokopedia atau shopee harganya pun sangat bersaing.
  6. Foto Profile Profesional : anda nantinya akan menggunakan aplikasi seperti whatsapp untuk berkomunikasi dengan calon konsumen anda. Miliki dan gunakan foto yang baik dan terlihat profesional.
  7. Instagram : pahami dan gunakan instagram untuk menjual produk anda dan aktifitas sehari hari anda.
  8. Facebook Profile Pribadi : sama seperti instagram, facebook pun untuk anda pajang foto aktifitas anda dan juga produk yang anda jual.
  9. Punya laptop / komputer : anda perlu memiliki laptop untuk bekerja lebih cepat dalam memasukkan data untuk jual properti di internet
  10. Whatsapp Business : gunakan aplikasi whatsapp bisnis ketimbang whatsapp karena whatsapp bisnis memiliki kelebihan yang sangat berguna bagi agen properti.
  11. Meteran : meteran ini berguna untuk mengukur dimensi lebar tanah, panjang tanah atau sebuah ruangan, tinggi plafon dan lain sebagainya. Bisa juga beli meteran laser yang dijual online di kisaran Rp 300-500rb
  12. Email : miliki alamat email yang profesional dengan nama yang baik dan mudah dibaca serta singkat.

Persiapan teknis yang bersifat lebih advance atau bagi mereka yang ingin naik ke level yang lebih tinggi lagi. Tentunya dengan memastikan sudah memiliki hal basic (dasar) dengan baik.

  1. Punya Facebook Page (advance)
  2. Punya website (advance)
  3. Punya Google My Business (advance)

Miliki kemampuan teknis yang baik dalam profesi anda sebagai agen properti, beberapa hal tersebut antara lain :

  1. Tahu cara mengambil foto properti dengan baik
  2. Tahu cara share lokasi dengan menggunakan whatsapp
  3. Share lokasi dengan menggunakan Google Maps

Miliki kemampuan pribadi yang diminati oleh orang lain sebagai agen properti antara lain :

  1. Anda selalu ontime, jika ada kemungkinan anda akan terlambat anda wajib / harus memberi tahu kepada orang itu bahwa anda akan terlambat, dan beri tahu orang itu minimal 1 atau 2 jam sebelumnya! bukan pada saat anda sudah terlambat. Itu namanya anda tidak sopan dan tidak menghargai orang lain. Ketahuilah orang lain juga sibuk dan memiliki urusannya sendiri yang juga penting.
  2. Ketika menghubungi melalui telpon anda terlebih dahulu berkenalan jangan langsung diskusi mengenai produk nya, kenali orangnya, dan perkenalkan diri anda. Gunakan nada suara yang profesional dan santai tidak terburu buru, pastikan lingkungan anda tidak berisik.

Bersambung…

Bagikan properti ini kepada teman anda