Apa itu Materai?

Bea Meterai adalah pajak yang dikenakan atas dokumen yang sifatnya adalah perdata dan dokumen dapat digunakan di pengadilan. Pada saat artikel ini ditulis, Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah resmi membawa revisi RUU Bea Meterai untuk disahkan dalam sidang paripurna.

Melalui revisi RUU ini biaya bea meterai yang tadinya ada 2 harga yaitu Rp 3.000 dan Rp 6.000 menjadi satu saja yaitu Rp 10.000. Pada tahun 2021 peraturan ini akan efektif berlaku sambil pemerintah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Berdasarkan website Kemenkeu.go.id ada beberapa hal yang dapat kita cermati yaitu batasan nilai dokumen yang memuat nilai uang yang dikenakan Bea Meterai disepakati sebesar Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) dan juga ada pembahasan untuk menggunakan elektronik meterai yang masih akan diterapkan dengan secara sederhana agar tidak menimbulkan biaya yang tinggi.

Dokumen Apa Saja Yang Memerlukan Materai?

Daftar dokumen yang memerlukan materai

Mengenai dokumen apa saja yang memerlukan materai di atur dalam UU no 13 tahun 1985. Oleh karena itu ini adalah dokumen yang memerlukan materai :

  • Dokumen yang mempunyai nilai nominal tidak lebih dari Rp 1.000.000 menggunakan Materai Rp 3.000 dan di atas Rp 1.000.000 menggunakan materai Rp 6.000
  • Dikenakan bea materai atas dokumen yang akan digunakan sebagai alat pembuktian di muka pengadilan, surat biasa dan surat kerumah tanggaan.
  • Surat berharga seperti wesel, cek, promes dll

Untuk dokumen yang nilai nya kurang dari Rp 250.000 tidak dikenakan meterai.

Dokumen Bermaterai Di Dunia Agen Properti

Tentunya ketika kita menjadi agen atau broker atau marketing akan berurusan dengan dokumen dokumen penting. Oleh karena itu dibawah ini adalah daftar dokumen yang sering kali akan dibubuhkan materai yang umumnya hampir semuanya materai Rp 6.000 karena transaksi di atas Rp 1.000.000

  • Kwitansi tanda terima uang deposit, tanda jadi atau pelunasan
  • Perjanjian Jual Beli antara pembeli dan penjual
  • Perjanjian sewa properti seperti rumah, apartemen, ruko dan lainnya.

Meterai Digital

Tersedia juga meterai digital bagi perusahaan besar yang sering menggunakan dokumen bermeterai. Sehingga mereka bisa mengajukan permohonan izin ke kantor pelayanan pajak untuk menggunakan mesin khusus. Hal ini tentunya sangat membantu perusahaan yang sering mengirimkan surat bermeterai dalam operasional sehari-hari.

Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat ya
Bagikan properti ini kepada teman anda